Windows Vista Boot-Manager (bcdedit.exe)

Windows Vista Logo Setelah seminggu lebih Install Windows Vista build 6000 dual-boot dengan Windows XP, aq mw mengganti default OS ke Windows XP. Pas buka file boot.ini, ada tulisan:

;Warning: Boot.ini is used on Windows XP and earlier operating systems.
;Warning: Use BCDEDIT.exe to modify Windows Vista boot options.

Hmm, itu berarti cara edit boot-manager di Windows Vista udah beda dengan Windows 2000/XP. Coba main2 dengan bcdedit.exe. Ganti default OS udah berhasil, ganti timeout berhasil, tp… akhirnya cape’ juga. Masa untuk mengganti default OS kembali ke Vista harus dengan ID OS Vista, dengan perintah:
bcdedit /default {c8b932de-8cc1-11db-9d28-f2a9a861ebcd}

Krn malas, mendingan cari GUI-nya. Coba mampir ke Wikipedia ketemu EasyBCD dari NeoSmart Technology. It’s Simple. Tinggal klak-klik jadi dehh..

EasyBCD bisa didapat di neosmart.net
Name and version: EasyBCD 1.51
File size: 2,86 MB
URL: http://neosmart.net/downloads/software/EasyBCD/EasyBCD%201.51.exe

8 pemikiran pada “Windows Vista Boot-Manager (bcdedit.exe)

  1. Lumayan gede ya filenya. Sebelum gw unduh, gw mau nanya dulu.

    Ceritanya gw install Vista di laptop, ternyata masih ada bugs yg bikin ga nyaman. Tukul eh laptopnya ga mau mati walaupun proses shutdown udah beres: semua lampu indikator mati kecuali power, diem terus ga mati2. Akhirnya gw instal XP di partisi lain. Eh ternyata boot XP ga nampilan pilihan OS. Dan sampai saat ini ga bisa masup Vista. Kalu gw config pake Easy BCD bisa ga ya?

    Thx in adv.

  2. Ohh.. Shutdown-nya dengan cara apa? Kalau di Vista, default tombol nya bukan Shutdown Computer, tapi Sleep. Kalo mw matiin, ada icon gembok, disampingnya ada tanda panah. Tekan tanda panah itu trus pilih Shutdown.
    Kalau mw diganti tombol defaultnya jadi Shutdown, masuk ke Advanced Power Options di Control Panel.

    Ya bisa!! Coba dan buktikan aja! πŸ™‚

  3. Ngga, gw yakin ko udah mencet tuh tombol turn off. Gw juga udah modif biar di start menu tombolnya bukan tidur lagi tapi turn off.
    Gw udah unduh file easyBCD dan tetep ga berhasil. Akhirnya pake OS Vista ajalah. dan shutdownnya itu kemungkinan karena BIOSnya harus gw upgrade ke VISTA BIOS. Beberapa leptop Acer memang mengalami masalah mirip2 gw gitu. Tapi karena gw ga berani upgrade BIOS, takut lebih rusak lagi, biarin aja ah. Kejadian sulit turn off nya juga kadang-kadang (50-50). Mudah2an Vistanya bisa beradaptasi sama leptop gw jadi bisa normal lagi.

    Thx ya mul.

  4. EasyBCD nggak berhasil? Salah kali caranya. Tanpa EasyBCD, dengan DVD Windows Vista aja bisa kok. Cuma fix MBR nya doank. Pilih Repair.

    Masa gt sih? Sayank nggak punya laptop aq. Coba buka Mobile-PC Center nya. Mungkin ada settingan disitu. Mobile-PC Center cuma bisa aktif di Laptop, Notebook, Sub-Notebook, UMPC, Tablet-PC, etc.

  5. atau ga cobain aja di bios instal xp’s di slave tapi itu buat 2 hdd sihh trus primary’y ganti none aja… kalo buat atu hdd hmmm pake yang diatas lahhh… good luck πŸ˜€

  6. Gue punya dua Hardisk. Kalo ditiap hardisk gw install masing2 XP dan Vista, gimana cara ngatur bootloader nya. Kalo nginstal dual booting di satu hardisk gak masalah.

  7. panjang banget web blognya mulllll…tapi bagus,coz isinya bermutu banget, kali-kali ngasi penjelasan2 tentang Bios dong, mungkin cara2 setting bios, atau tips dan trik ketika menghadapi permasalahan komputer, apa aja deh mull…is the best deh webnya…saya kasih nilai 100.000.000 hehehehe πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

