Mengkoneksikan Wireless LAN Melalui Terminal

Kebetulan kemarin ketempat sodara di Jakarta. Tapi anaknya rese’ banget. Pengen liat isi notebook-ku trus.. Nih anak udah cukup pinter ngobrak-ngabrik isi komputer orang.

So.. solusinya aktifkan boot di Linux tanpa GUI. Langsung menuju Terminal. Kalo pake cara ini, pasti nih anak nggak bakalan bisa ngapa-ngapain… hehe.. 😀
(int pelit_mode = 1)

Masalahnya, aku maw browsing.. baca-baca berita dikit biar kayak orang tua. Tapi kalau diaktifkan GUI nya, ntar keliatan.. bakalan repot.. Tapi kan bisa pake Lynx kalo cuma baca berita.

Nah gimana caranya koneksi internet dengan Wireless LAN melalui terminal ?? Mudah banget..

  1. Pertama cari WLAN yang ada. Caranya ketik sudo iwlist scan. Kira-kira outputnya seperti ini

    wlan0 Scan completed :
    Cell 01 - Address: 00:1E:4C:32:5A:75
    ESSID:"IQ Wireless"
    Mode:Managed
    Channel:5
    Frequency:2.432 GHz (Channel 5)
    Quality=88/100 Signal level=-45 dBm Noise level=-81 dBm
    Encryption key:off
    Bit Rates:1 Mb/s; 2 Mb/s; 5.5 Mb/s; 11 Mb/s; 6 Mb/s
    9 Mb/s; 12 Mb/s; 18 Mb/s; 24 Mb/s; 36 Mb/s
    48 Mb/s; 54 Mb/s
  2. Lalu, sudo iwconfig wlan0 essid "IQ Wireless".
  3. Setelah itu hubungkan, sudo dhclient wlan0

Tadaa… sekarang Notebook ku sudah terhubung dengan WLAN. Tinggal buka Lynx. Happy Surf…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s