Sudah banyak sekali website ataupun blog yang membandingkan Firefox 4 dan Google Chrome. Mulai dari kecepatan javascript engine hingga HTML5. Kali ini saya bahas perbedaan yang saya alami setelah mencoba Firefox 4. Ingat! Yang saya bahas perbedaan dengan instalasi default. Bukan setelah ditambah add-on/extension.

Oh ya, saya membandingkan dengan Google Chrome 12.0.712.0.
Belum punya? Untuk pengguna Windows silahkan download di http://www.filehippo.com/download_google_chrome/. Linux dan Mac user, mampir kesini http://www.chromium.org/getting-involved/dev-channel.

New Tab

New tab di Firefox 4 masih sama seperti Firefox pertama kali. Blank! Google Chrome WIN.

Firefox 4 VS Chrome - New Tab

Context Menu

Google Chrome lebih smart dalam mendeteksi tulisan. Misalnya dalam suatu paragraf ada tulisan: “Kunjungi website kami di http://www.detik.com”. Anda bisa langsung menyeleksi tulisan http://www.detik.com, lalu klik kanan, pilih Go to http://www.detik.com untuk mengunjungi website tsb. Google Chrome WIN.

Private Browsing VS Incognito

Saat anda menggunakan Private Browsing di Firefox 4, anda hanya bisa membuka satu window. Dengan Chrome, anda bisa membuka banyak Incognito window. Bahkan IE bisa membuka banyak InPrivate window-nya. Google Chrome WIN.

Image Info

Saat membuka gambar di Google Chrome, sulit menemukan informasi dimensi, tanggal pembuatan, ataupun ukuran file dari gambar yang sedang dibuka. Anda harus membuat Web Inspector untuk mendapatkan informasi tersebut. Itupun hanya dimensi dan ukuran file. Beda halnya dengan Firefox. Firefox dapat memberikan informasi yang cukup banyak. Fitur View Image info ini sudah ada dari Firefox sebelumnya. Firefox WIN.

View Source

Tidak semua orang menggunakan, tapi saya cukup sering menggunakan fitur view source ini.
Hingga Firefox versi 4 ini belum ada line number. View source di IE8 bahkan sudah ada line number. Google Chrome WIN.

Bookmark & History

Tidak ada perubahan di Firefox 4 dengan Firefox 3 dalam hal ini. Tapi jelas Google Chrome kalah. Walaupun saya tidak suka Firefox membuka window baru, tapi fitur-fitur yang ditawarkan jauh lebih lengkap. Seperti tag dan group by date di history. Firefox 4 WIN.

Kesimpulan

Selain dukungan HTML5 dan CSS3 serta fitur baru Panorama, Firefox 4 tidak berbeda jauh dengan Firefox 3.

Tab management di Firefox 4 (Panorama) menurut saya ribet. Saya pribadi lebih suka tab management-nya Opera 11 atau IE8 dengan warna, karena lebih simple.

nb: Sebenarnya masih ada lagi yang lain. Seperti tulisan blur di Firefox 4, search, web console VS web inspector, zoom, pin tab, create application shortcut, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s