Facebook Menyimpan Semua Data Anda

Tadi malam ketemu dengan Om Agung untuk copy video dokumentasi PHP Indonesia meetup. Dia barusan coba download semua data di Facebook dengan Facebook Archive. Fitur ini mirip dengan Google TakeOut yang bisa mengambil semua data kita di Facebook. Setelah melihat-lihat data yang sudah diambil sekilas… saya pikir ini sangat menarik karena mungkin saya bisa mempelajari sesuatu dari Facebook, seperti bagaimana Facebook menyimpan data-datanya.

Setelah saya juga coba ambil data di Facebook, ternyata… (seperti yang sudah pernah dibahas di beberapa media), saya cukup kaget karena melihat sendiri data-data yang selama saya pikir tidak disimpan. Bahkan berapa kali kita mengganti nama juga disimpan. Biasanya kalau saya membuat aplikasi, misalnya user mengganti nama, saya cukup lakukan update, bukan menambahkan data baru.

Anda bisa melihat sendiri mulai dari video, foto, profil anda pernah mengganti nama apa saja, previous relationship, iklan yang kita pernah klik atau tidak kita sukai, kapan anda klik iklan tsb, akun anda diakses kapan dari IP address mana, dengan browser apa, kapan deactivate akun, join di event apa, siapa yang anda unfriend, dan masih banyak lagi. Bahkan Facial Recognition Data anda (ada pada file photos/facedata.htm). Saya bisa membayangkan bagaimana data sebanyak ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja O.o.

UPDATE (14 Des 2013)
Facebook saves everything you type – even if you don’t publish it

Bagaimana cara mengambil semua data anda di facebook?

Klik icon Gear di kanan atas. Lalu pilih Account Settings (mungkin Setelan kalau anda menggunakan Bahasa Indonesia).

Image

Lalu pada General (mungkin “Umum” kalau anda menggunakan Bahasa Indonesia), klik “Download a copy” (mungkin Unduh Salinan dalam Bahasa Indonesia) seperti terlihat pada gambar ke-2.

Image

Tekan tombol Start Archive, dan masukkan password.

Image

Tunggu sampai anda mendapatkan email dari facebook. Setelah mendapatkan email dari facebook, anda bisa mulai untuk download. Ukuran file bervariasi tergantung sebanyak apa data anda di facebook. Makin banyak video dan foto, tentunya semakin besar. Ukuran file yang saya download 87.1 MiB. Setelah selesai, anda bisa extract file facebook-username_anda.zip. Lalu buka file index.htm. Kira-kira begini penampakannya:

facebook-archive-timelineSo, what do you think?

3 pemikiran pada “Facebook Menyimpan Semua Data Anda

Tinggalkan Balasan

