Ini bahas tentang perkalian anak kelas 2 SD yang sedang heboh. Tapi bukan fokus pada guru dan si murid. Tapi orang yang menganggap matematika murni dengan resep obat itu sama, seperti minum obat 3×1 hari.

Orang-orang yang beranggapan minum obat itu sama dengan matematika, kebanyakan info Perkalian itu bersumber dari Wikipedia Indonesia. Bukan yang berbahasa inggris. Yang mana kalau kita lihat disitu, ada tanda belum terperiksa. Kebetulan kemarin sempat ambil gambarnya sebelum bagian obat-nya dihilangkan.

Perkalian - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jadi tingkat valid-nya masih dipertanyakan. Anda tau sendiri kontributor Wikipedia bisa siapa saja. Bahkan anonymous sekalipun bisa berkontribusi di Wikipedia. Jadi bisa saja isinya salah. Saya juga tidak tau ada atau tidaknya expert dari Indonesia yang berkontribusi di Wikipedia.

Saya tidak melihat contoh obat ini di Wikipedia yang berbahasa inggris. Dan yang Bahasa Indonesia penjelasannya tidak sedetail versi inggris. Referensi luarnya juga minim.

Intinya yang mau saya sampaikan perkalian 3×1 itu berbeda dengan minum obat 3×1 hari.

Mungkin sebaiknya resep obat itu diganti aja tulisannya. Misalnya 3×1 hari berarti 24/3, artinya minum obat setiap 8 jam sekali. Jadi diresep obat tulis aja “Setiap 8 jam sekali” agar tidak ambigu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s