Yeah, ini pertanyaan yang cukup sering ditanyakan. Biasanya bingung dengan jargon UI dan UX. Padahal, ini sangat sederhana. Jargon apapun, coba diartikan dulu ke bahasa yang anda mengerti. Misalnya ke Bahasa Indonesia.

UI singkatan dari User Interface. User Interface artinya adalah Antar Muka Pengguna. Apa itu antar muka? Anggap aja atara muka loe dan muka orang lain. Liat wajahnya, tangannya, badannya, dll. Anda bisa tau seseorang dengan melihat mukanya.

Kalau dihubungkan dengan web design, itu sama aja dengan ngeliat tombol, link, navigasi, sidebar, dll. Antara muka loe sebagai pengguna dengan muka di design.

Sedangkan UX singkatan dari User Experience. Coba kira artikan ke Bahasa Indonesia. User Experience artinya Pengalaman Pengguna. Sesuatu yang dialami oleh pengguna saat melihat atau menggunakan karya atau suatu product.

Misalnya saos seperti di gambar, kalau ente menggunakan botol saos itu, mana yang lebih enak? Kalau ente normal, tentu lebih enak yang kanan. Karena saos-nya udah pasti turun ke bawah pas dibutuhkan. Apa yang anda alami? Yaa lebih enak. Nah!! Itulah UX. Apa yang anda alami, enak atau nggak. Good experience atau bad experience?

Kalau dihubungkan dengan web design itu seperti buka website ada popup mengganggu, bentuk tombol nggak seperti tombol sehingga gak tau kalau itu bisa diklik, untuk pencarian ada filter atau tidak, dll.

Simple kan? :/ Gak usah ribet-ribet. Intinya, artikan ke bahasa yang anda mengerti, Bahasa Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s