ReSTful di MongoDB

Well, pagi ini saya membaca tentang Implementasi REST sederhana dengan MongoDB dan Silex. Saya jadi teringat pada saat awal-awal saya belajar MongoDB — yang mana pada saat itu saya bisa menggunakan ReST tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Saya cukup menggunakan parameter –rest untuk mengaktifkan rest interface. Atau bila menggunakan daemon, kita bisa enable dengan konfigurasi net.http.enabled.

Tapi sayangnya fitur ini ditandai sebagai deprecated sejak MongoDB 3.2. Salah satunya dikarenakan banyak yang menggunakan MongoDB, tidak tau dan tanpa sengaja membiarkan ReST interface ini terbuka. Parahnya lagi, authentication juga di-non-aktifkan, sehingga bisa diakses oleh siapapun.

Sepertinya untuk saat ini membuat jembatan antara client dan MongoDB adalah opsi satu-satunya yang ada. Setidaknya, itu yang saya tau. Kalau anda punya informasi lebih, silahkan sampaikan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

