BIOS Recovery on Asus A42F

Can not understand Indonesian language? Use Google Translate.

Malam minggu kemarin buka website Asus, ternyata ada BIOS versi 421 baru. Berikut perubahan dari versi sebelumnya:

  1. Fix LCD no display when BIOS recovery
  2. Optimize codec speaker output power consumption.

Akhirnya saya melakukan flash dari Windows 7 64bit dengan menggunakan WinFlash dari website Asus. Setelah selesai restart, semua masih berjalan normal. Saya masih bisa masuk ke BIOS configuration, dan mengaktifkan Asus FancyBoot, tapi lupa memilih Restore default configuration. Setelah pilih save and exit, system tidak bisa boot up. WTF?!? Karena sudah larut malam, akhirnya tidur… 🙂

Besok paginya coba hidupkan lagi, tetap tidak bisa boot up.

Click the picture to play video

Dengan menggunakan PC teman, saya mulai mencari informasi bagaimana cara melakukan BIOS Recovery. Awalnya saya pikir notebook ini menggunakan PhoenixBIOS. Jadi saya fokus ke pencarian yang berhubungan dengan PhoenixBIOS. Ternyata di kaskus, ada yang mengalami hal yang sama. Setelah pencarian panjang, akhirnya ketemu kalau ternyata notebook ini menggunakan AMI BIOS. Dengan bermodalkan informasi ini, akhirnya notebook saya menjadi normal.

How to?

  1. Format UFD dengan FAT files ystem.
  2. Download dan copy BIOS dari website Asus ke UFD.
  3. Ubah nama file menjadi K42FAS.BIN.
  4. Colok UFD ke Asus A42F.
  5. Tekan dan tahan tombol Ctrl+Home dan hidupkan.

Bila berjalan dengan normal, akan terlihat proses Reflashing dengan menggunakan Asus EZ Flash.

Click the picture to play video

References:

18 Komentar

  1. Testarosa Real berkata:

    hi friend
    in first time i thank you for this useful post

    but i have one asus notebook A42JY , now get black screen after bad flash bios
    i try all what you say … formatted FAT and FAT32 usb drive
    rename file name bios downloaded from asus support to K42JY.bin (because phoenix tool say that)
    and unplugg all (mouse , battery)
    press CTRL + HOME and keep pressing and plug chargeur and press power on
    but nothing happen and still same problem

    any ideas please ?

    i think hotkeys for bios recovery is different …
    thanks to reponse

    1. mul14 berkata:

      I don’t know the another hotkey for AMI BIOS. But someone says press and hold Fn+Esc.

      Also, try to rename K42JY.bin to AMIBOOT.ROM.

  2. Testarosa Real berkata:

    thanks for reponse but still same
    nothing happen
    iam searching other things
    if you you have any others suggestions welcome

  3. Bondan Fathoni berkata:

    gan caranya gimana??masalah saya juga sama kayak gitu,tp bingung mau gimana lagi…lcd dah mati total..ga bisa apa2 gan 😦

    1. mul14 berkata:

      Layarnya memang blank. Caranya sudah dijelaskan diatas dan ada videonya. Silahkan dicoba dulu.

  4. Wim Wiki berkata:

    sama kayak bondan, asus A43S saya ga mau idup, LCD mati total, tapi mesin idup.
    sebelumnya saya lagi instal windows 7, habis itu restart, dan ga mau idup lagi, sebelunya memang saya ada ngerubah settingan bios, ada dua opsi yang saya buat enable, tapi lupa apa itu..
    mau coba cara di atas, tapi bingung “Also, try to rename K42JY.bin to AMIBOOT.ROM.”
    amiboot.rom itu gimana..? di atas ga dijelasin soalnya

    1. mul14 berkata:

      Artinya “Coba juga ganti nama file K42JY.bin ke AMIBOOT.ROM”

  5. Amri Karisma berkata:

    Ctrl + home + power gak ada respon, coba pake fn + ESC + power juga gak ada respon.

    saya coba rename file biosnya jadi AMIBOOT.ROM tetep aja gak mau… help me gan 😦

  6. Tsani Noven berkata:

    notebook saya asus K42F langsung mati setelah update bios. saya coba cara diatas (ctrl+home, fn+F2), masih nggak mau nyala. tolong dibantu gaannn 😦

    1. mul14 berkata:

      Waduh… Sorry baru baca 😐
      *ngeliat kalender

  7. absoluterevo berkata:

    Jadi takut mau update bios di asus k40ie ni gan katanya kalau battrey tidak kedeteksi harus update bios jadi ngeri takut gagal 😦

  8. sebelumnya, makasih untuk postnya 🙂
    saya sudah mengikuti semua petunjuk di atas. dan setelah proses itu selesai, laptop menjadi mati. ketika saya nyalakan lagi, tetap terulang2 dan tidak bisa masuk k program. tolong bantuannya 😀

    1. mul14 berkata:

      Lha? Laptopnya sama? 😐
      Gak bisa bantu banyak nih. Laptop yang ini sudah hilang di bus dua tahun yang lalu.

  9. didik iswanto berkata:

    laptop saya A42n, saya mau install ulang itu laptop karena windosnya rusak/eror,tapi ada password admin nya, jadinya saya tidak bisa rubah setingan booting, bagaimana cara reset/ hilangin password administrator, saya telah coba flash tapi passwordnya masih ada dan belum bisa. mohon bantuannya

    1. mul14 berkata:

      Wah, gak bisa bantu banyak nih. Laptop saya yang itu sudah hilang beberapa tahun lalu. 😐

  10. Paryanto .doank berkata:

    Bro, itu pake Flasdik atau apa yg dipake buat simpan file bios?

    1. mul14 berkata:

      Itu udah disebutkan pakai UFD. UFD itu USB Flash Drive.

      Flash disk itu cuma orang Indonesia yang ngomong. Dan entah kenapa populer istilah salah itu.
      Wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/USB_flash_drive

Tinggalkan Komentar